previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow
Slider
SAWAHLUNTO – Ketua TP – PKK Kota Sawahlunto, Ny. Meyvita Deri Asta mengajak anggota PKK Sawahlunto untuk dapat memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumah atau pun di ladang/kebun dengan menanam bawang merah. Untuk mendukung itu, TP – PKK Kota Sawahlunto segera bergerak menjalin sinergi dan koordinasi dengan Pemerintah Desa/Kelurahan dan Dinas Pertanian.
“Kita berkoordinasi dengan Pemerintah Desa/Kelurahan untuk dapat membantu menyediakan bibit dan bahan penunjang lainnya. Jadi nanti ibu – ibu PKK tinggal melakukan pengolahan lahan dan menanam bawang merah tersebut. Setelah itu nanti secara berkala kita sinergi dengan Dinas Pertanian mendatangkan penyuluh untuk memberikan skill/kompetensi dan wawasan dalam merawat tanaman itu,” kata Ny. Meyvita Deri Asta, pada Kamis 11 Maret 2021 tadi di Desa Kubang Tangah Kecamatan Lembah Segar usai mengikuti panen perdana bawang merah yang ditanam Kelompok Wanita Tangguh (KWT) Wanita Maju.
Dengan langkah ini, kata Ny. Meyvita Deri Asta akan memberikan banyak manfaat, terutama peningkatan perekonomian. Kemudian juga mengoptimalkan lahan – lahan pekarangan maupun kebun.
“Kalau untuk lahan kosong di pekarangan rumah atau di kebun itu kan masih banyak di Sawahlunto ini. Nah sebenarnya itu kan potensi, sekarang bagaimana kita bisa memanfaatkan itu, mengelolanya menjadi bernilai ekonomis,” ujar Ny. Meyvita Deri Asta.
Ketua TP – PKK Sawahlunto itu mencontohkan dan memuji KWT Wanita Maju di Dusun Polak Datar Desa Kubang Tangah Kecamatan Lembah Segar yang telah berhasil menanam sampai memanen bawang merah.
“Mulai dari membuka lahan, menanam, merawat sampai sekarang kita panen, semua dilakukan sendiri oleh ibu – ibu hebat di KWT Wanita Maju ini. Menunjukkan bahwa saat ibu – ibu mau, turun bekerja, ulet dan gigih berusaha, maka bisa dan berhasil, lihatlah sekarang bawangnya sudah sangat subur, kita panen banyak sekali,” tutur Ny. Meyvita.
Meyvita berharap, gerakan dari KWT Wanita Maju di Desa Kubang Tangah ini memicu inspirasi dan motivasi dari kaum ibu di desa – desa lainnya.
“Ibu – ibu di desa lainnya, mari kita mulai mencoba menanam bawang merah ini juga. Ibu – ibu bersiaplah dengan semangat dan kesiapan untuk terjun ke pekarangan/kebun mengolah tanahnya. Untuk bibit dan bahan perlengkapannya, kami dari TP – PKK yang akan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan Pemerintah Desa, yang penting ibu – ibu mau dan siap untuk itu,” pungkas Ny. Meyvita.
Ny. Meyvita Deri Asta mengikuti panen perdana bawang merah yang ditanam KWT Wanita Maju itu bersama Walikota Sawahlunto Deri Asta. Juga hadir mendampingi yakni Ketua DPRD Sawahlunto, Ny. Eka Wahyu dan General Manager PT. Bukit Asam Pertambangan Ombilin, Yulfaizon.
KWT Wanita Maju tersebut dalam bertani bawang itu selain dibantu oleh Pemerintah Desa Kubang Tangah dan Dinas Pertanian Kota Sawahlunto juga mendapat bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT. Bukit Asam.




ARTIKEL LAIN

No Comment

Comments are closed.