Ustadz Abdul Somad (UAS) dijadwalkan akan menghadiri undangan Pemko Sawahlunto untuk memberikan tausyiah di “Kota Wisata Tambang Yang Berbudaya” tersebut pada Senin (19/11) nanti. Tausyiah oleh Ustadz Abdul Somad itu adalah bagian tabligh akbar dalam rangkaian acara menyambut Hari Jadi Kota (HJK) Sawahlunto ke – 130.

Dalam tentatif awal yang disusun saat ini, tausyiah dari Ustadz Abdul Somad akan diselenggarakan ba’da (seusai) shalat Ashar di Lapangan Ombilin – Sawahlunto.

Agar tabligh akbar itu terlaksana lancar dan berjalan tanpa hambatan, Pemko Sawahlunto bersama jajaran vertikal terkait seperti TNI – Polri melakukan rapat persiapan tabligh akbar itu, Jum’at (26/10) lalu di Balaikota.

Walikota Sawahlunto Deri Asta yang memimpin langsung rapat itu meminta agar segala persiapan dapat dimatangkan dengan baik sehingga masyarakat dapat mengikuti tausyiah Ustadz Abdul dengan nyaman dan lancar.

“Persiapan kita hendaknya benar-benar matang dan detail. Sebab Ustadz Abdul Somad ini sangat disukai masyarakat, jadi pasti akan banyak, akan ramai sekali masyarakat yang ingin melihat dan mendengar langsung tausyiah beliau. Sehingga otomatis di lokasi tabligh akbar akan terjadi penumpukan massa yang banyak. Inilah yang harus kita kelola agar acara tetap berjalan lancar. Masyarakat pun lancar dan nyaman mengikuti tausyiah ini,” kata Wako Deri Asta.

Wako Deri lantas menyampaikan sejumlah arahan, antara lain terkait persiapan lapangan Ombilin sebagai lokasi acara serta bagaimana parkir kendaraan agar tidak terjadi kekacauan dan penumpukan parkir yang bisa menganggu arus lalu lintas.

Walikota juga sempat meminta agar sebelum hari H dapat disampaikan informasi kepada para pemilik/pengelola rumah makan agar mereka sempat melakukan persiapan, sebab dengan banyaknya jamaah di luar Sawahlunto yang berkemungkinan hadir, maka tentu mereka membutuhkan konsumsi, sehingga rumah makan yang tersedia di “Kota Arang” ini tidak sampai kekurangan stok pula.

Sementara, Kapolres Sawahlunto AKBP. Zamrony Wibowo menyatakan siap melaksanakan pengamanan dalam mensukseskan tabligh akbar tersebut. Disampaikan Zamrony, personelnya akan diturunkan di lapangan Ombilin, jalur lalu-lintas sekitar lokasi, serta juga mengiringi rombongan Ustadz Abdul Somad.

“Kita siap membantu mensukseskan tabligh akbar ini. Tentu kita turunkan personel agar situasi tetap tertib dan aman. Sebab dengan penumpukan masyarakat yang akan ramai sekali tentu perlu kita dampingi dan atur agar acara berjalan lancar,” sebut Kapolres.

Sementara, undangan lainnya, seperti Kementerian Agama (Kemenag), Majelis Ulama Indonesia (MUI), Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) dan lainnya juga menyatakan siap mendukung tabligh akbar itu. Sejumlah usul juga disampaikan pihak-pihak tersebut guna lancarnya acara.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Sawahlunto Zardinal Basyir menyebut, tabligh akbar selalu hadir dalam rangkaian Hari Jadi Kota (HJK) Sawahlunto.

“Tabligh akbar wajib masuk terus dalam rangkaian HJK. Kita komitmen sisi religi terus ada dalam menyambut momen ulang tahun kota, sehingga kita bisa terus bersama muhasabah dan mengingat serta mendekatkan diri kepada Allah SWT, “ sebut Zardinal. (Humas)




ARTIKEL LAIN