Mewujudkan pendirian perguruan tinggi atau universitas menjadi salah satu sasaran penting dari sembilan program unggulan yang diusung pasangan Walikota dan Wakil Walikota Sawahlunto, Deri Asta – Zohirin Sayuti, dalam memimpin ‘Kota Kuali’ untuk lima tahun ke depan.

Menghadirkan perguruan tinggi atau universitas di Kota Sawahlunto, dinilai akan mampu mengangkat beberapa sektor sekaligus. Dengan hadirnya perguruan tinggi di Sawahlunto, tentu akan membantu generasi muda kota tersebut untuk melanjutkan pendidikan, dengan biaya yang lebih terjangkau.

“Terwujudkan pendirian universitas di Sawahlunto menjadi salah satu indikator sasaran pada program unggulan mewujudkan pendidikan yang berkualitas,” ungkap Walikota Sawahlunto, Deri Asta, ketika menyampaikan visi dan misi Walikota dan Wakil Walikota Sawahlunto, periode 2018 – 2023, dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Sawahlunto, Selasa (18/9).

Hadirnya perguruan tinggi nantinya, dinilai akan mampu berdampak besar di tengah masyarakat. Sebab, perguruan tinggi juga akan mendatangkan mahasiswa dari luar Sawahlunto, untuk menimba ilmu, mereka akan menetap dalam jangka tertentu.

Secara tidak langsung, kehadiran perguruan tinggi akan mendatangkan pemasukan bagi masyarakat Sawahlunto, khususnya masyarakat yang berada di sekitar kampus perguruan tinggi tersebut.

Dengan masuknya mahasiswa dari luar Sawahlunto, akan bermunculan tempat kos mahasiswa atau pemondokan, berdirinya rumah makan, toko fotokopi, yang semuanya akan mengangkat perekonomian setempat.

Mahasiswa bisa dikatakan sebagai wisatawan yang menetap lama di suatu tempat. Tidak hanya itu, setali tiga uang, mahasiswa juga akan turut mendatangkan keluarga mereka yang ingin berkunjung untuk melepas rindu.

Deri Asta bersama Zohirin Sayuti meyakini, kehadiran kampus perguruan tinggi, bagaikan membuat ‘gula’ yang akan menyedot perhatian ‘semut-semut’ untuk datang ke Sawahlunto. Dengan artian, berdirinya universitas akan memberikan kemudahan bagi generasi muda Sawahlunto untuk mendapatkan pendidikan, mengangkat perekonomian masyarakat, sekaligus meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke Sawahlunto.

Sembilan program unggulan yang disampaikan Deri Asta dalam sidang paripurna yang disaksikan masyarakat, di Gedung Balai Diklat Tambang Bawah Tanah (BDTBT) itu, meliputi, menciptakan kehidupan beragama dan budaya, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pengembangan ekonomi kerakyatan berbasis ekonomi kreatif.

Ketiga, Deri Asta – Zohirin Sayuti akan mewujudkan pendidikan yang berkualitas untuk menghasilkan sumber daya manusia yang beriman, kreatif dan berdaya saing. Program unggulan keempat menyangkut pemerintahan yang baik, bersih dan inovatif.

Untuk program unggulan kelima, dengan jajaran pemerintahan akan meningkatkan pelayanan kesehatan yang bermutu bagi masyarakat. Selanjutnya mengembangkan potensi wisata secara serius dan berkelanjutan.

Yang tidak kalah pentingnya, Walikota muda kelahiran 5 Oktober 1973 itu, juga berupaya menyediakan infrastruktur publik yang merata dan memadai. Begitu juga dengan penanganan khusus terhadap kelompok marginal seperti lansia, penyandang disabilitas dan ganguan jiwa.

Terakhir, program unggulan kesembilan, pasangan politisi dan birokrat ini akan mewujudkan kota berbasis smart city dalam peningkatan kualitas pelayanan publik dan daya tarik investasi. (release Humas)




ARTIKEL LAIN