previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow
Slider

Walikota Deri Asta mengajak Warga Sawahlunto berperan menyukseskan Sensus Penduduk 2020 (SP2020), merekam langsung dan memberikan data kependudukan.

“Data kependudukan yang kita rekam dan berikan kepada BPS jadi acuan bagi pemerintah dan pemerintah kota untuk mengambil kebijakan di masa mendatang,” kata Walikota Deri Asta, Senin 09 Maret 2020.

Pemerintah, sebut walikota, melalui BPS memerlukan kegiatan SP2020 untuk perekaman langsung data penduduk, menyediakan data jumlah penduduk baik secara de facto maupun de jure. Selain itu, juga menyediakan parameter demografi dan proyeksi penduduk.

“Data menjadi sangat penting, data yang salah menghasilkan kebijakan yang salah pula. Secara bersama dengan BPS menyukseskan Sensus Penduduk 2020,” ujar Deri.

Kepala BPS Sawahlunto, Hendro Seprita Deza mengemukakan, beda sensus penduduk sekarang menggunakan metode kombinasi. Beda dengan sensus penduduk sebelumnya.

Lebih jauh dikemukakanya, metode kombinasi ini, BPS menggunakan data administrasi kependudukan dari Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil sebagai basis data yang kemudian dilengkapi pada pelaksanaan sensus.

Dijelaskan Kepala BPS, SP2020 kali ini dilakukan 2 tahap. Tahap pertama, sensus penduduk online. Tahap ini masyarakat langsung mengisi daftar pertanyaan secara online. Tahap kedua, sensus penduduk wawancara. Tahap ini petugas sensus mendatangi masyarakat yang tidak secara online.

“Partisipasi masyarakat dan semua pihak menyukseskan SP2020 sangat kita harapkan, dengan mengisi dan menjelaskan data yang lengkap dan akurat,” ujar Hendro. (Humas)




ARTIKEL LAIN