Batam sabtu 3/11, Selain menjalin kerjasama dengan PT Universal Karya Mandiri, Walikota Deri Asta juga berdialog dengan pengusaha dan perantau.
Dalam dialog itu Deri mengajak para pengusaha/perantau Sawahlunto di Batam untuk berinvestasi di Kota Arang. Ia meyakinkan bahwa potensi Sawahlunto sangat besar untuk dieskplorasi.

“Mari para pengusaha/perantau di sini, kalau berinvestasi kita di Sawahlunto saja. Bersama kita bangun kampung halaman,” kata Deri.

Pemko sendiri, sebut Wako Deri Asta siap mendukung dengan memfasilitasi serta memberikan sejumlah kemudahan untuk berinvestasi bagi para pengusaha/perantau itu.

Sementara, Ketua Ikatan Perantau Sumatera Barat di Batam yang juga penasehat Ikatan Perantau Sawahlunto di Batam, Erwin mengapresiasi Walikota Deri Asta dan Wakil Walikota Zohirin Sayuti yang dalam masa kerja belum genap 100 hari langsung aktif menghubungi bahkan sampai mengunjungi para perantau Sawahlunto, khususnya di Batam.

“Kami bangga sekali, pak Wali dan pak Wawa ini, yang belum genap 100 hari kepemimpinan mereka bergerak cepat menghubungi kami di rantau ini. Ini akan menjadi pemicu semangat kami untuk berkontribusi bagi kampung halaman,” kata Erwin.

Menyambut gagasan Pemko tentang penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga kerja tersebut, Erwin menyebut bahwa pihaknya dari perantau siap membantu. Salah satunya yakni dengan memberikan silabus tentang keahlian-keahlian apa saja yang dibutuhkan dunia kerja.

“Bagus sekali, Pemko bantu menyiapkan kompetensi para calon tenaga kerja. Kami pun bisa membantu dengan memberikan silabus terkait skill apa yang potensial diperlukan dunia kerja,” sebutnya.

Erwin juga ingat, bahwa dulu di zaman kepemimpinan Walikota Amran Nur, hal serupa juga pernah dilakukan. Saat itu programnya bernama “Sawahlunto Training Center”. Kegiatannya hampir serupa, yakni mempersiapkan dan menghubungkan calon tenaga kerja dengan perusahaan.

“Bagus sekali sekarang program serupa dilanjutkan kembali oleh pak Deri Asta. Kami apresiasi dan akan bantu,” ujar Erwin.

Istimewanya kegiatan ini turut dihadiri oleh tokoh pengusaha Batam asal Sumbar, yang juga mantan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan – RB) Asman Abnur. Dalam sambutannya, Asman mengapresiasi dan mendorong Pemko Sawahlunto untuk terus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) para calon tenaga kerja. Salah satunya dengan memaksimalkan pendidikan, pelatihan, bimbingan dan sebagainya.

Asman juga menyinggung bahwa untuk ranah pendidikan, peluang Sawahlunto untuk membangun perguruan tinggi pariwisata atau pertambangan teruslah dioptimalkan.

Sementara, antusiasme undangan para perantau mengikuti acara tersebut cukup tinggi. Selain ramai, mereka juga membawa serta keluarga, seperti anak dan istri. Pun saat sesi dialog, cukup banyak sumbang saran yang disampaikan perantau pada Pemko Sawahlunto. (Humas)




ARTIKEL LAIN