Dalam acara Serah Terima Jabatan General Manager PTBA UPO, Walikota Sawahlunto AliYusuf mengungkapkan bahwa pihaknya telah merencanakan berbagai program pembangunan khususnya di bidang pariwisata yang butuh dukungan PTBA dan masyarakat.

Program tersebut diantaranya wacana Sawahlunto Kota 1000 Museum yang telah dimulai dan perlu dilanjutkan. Ali Yusuf mengucapkan terimakasihnya kepada UPO yang telah mendukung dengan menyerahkan beberapa asetnya untuk keperluan tersebut.

Lebih lanjut dikatakannya Sawahlunto juga berhasil menggaet dukungan Kementrian BUMN dimana Mentri BUMN telah berjanji membantu Sawahlunto mengembangkan wisata dengan memanfaatkan peninggalan tambang.
Sawahlunto juga mendapat 1,3 milyar utk renovasi bangunan museum. Selain itu pihaknya juga telah membuat masterplan pemanfaatan Batang Ombilin menjadi objek wisata baru untuk menarik wisatawan yaitu wisata perahu mengarungi sungai dari kawasan Pasar remaja hingga Tanah Lapang.

Selain itu ada juga rencana pemanfaatan Silo menjadi lebih dari sekedar bangunan sisa tambang dengan menjadikannya semacam kafe.

Serta ada juga rencana pemanfaatan Gedung Kantor PTBA menjadi hotel bintang 5 dan rencana pengembangan Puncak Cemara jilid 2 yang semuanya telah diekspos oleh Ali Yusuf dihadapan Mentri BUMN saat sang Mentri berkunjung ke Sawahlunto beberapa waktu lalu. (humas)




ARTIKEL LAIN