previous arrow
next arrow
Slider

Anggapan tentang sungai yang selama ini dijadikan sebagai tempat pembuangan secara perlahan akan dirubah menjadi sumber penghidupan terutama oleh warga Silungkang Kota Sawahlunto, hal itu disampaikan oleh Yeri Idrus, salah seorang penggagas kegiatan “Revitalisasi Tang Ai” pada hari Sabtu 7/9 di Komplek SMA SDI Silungkang.
“Kita mempunyai mimpi, sungai yang melalui Silungkang ini menjadi bersih sekaligus bisa menjadi penggerak perekonomian masyarakat yang ada disekitarnya dengan memanfaatkannya sebagai wadah peternakan ikan maupun kedepan dijadikan objek wisata” tambahnya.

Ketua KAN Kenagarian Silungkang, Ir. Yusri Munir Malin Malano, yang hadir pada kesempatan tersebut menyatakan dukungannya terhadap rencana revitalisasi sungai tersebut dan sekaligus mengharapkan adanya dukungan dan pembinaan dari Pemerintah Kota Sawahlunto maupun masyarakat Silungkang baik yang dikampung maupun diperantauan. Karena menurutnya untuk melakukan kegiatan tersebut pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan waktu yang lama.

Sementara itu, Walikota Sawahlunto, Deri Asta dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Silungkang terutama penggagas kegiatan “Revitalisasi Tang Ai” atas inovasi yang dilakukan dan juga mendukung kegiatan tersebut karena dengan ini diharapkan fungsi sungai yang melintasi wilayah Silungkang bisa kembali normal setelah sempat diekploitasi sebagai lokasi penambangan beberapa waktu lalu.

Deri juga berharap kata “Tang Ai” ini bisa dijadikan branding oleh masyarakat Silungkang karena memang unik dan khas.
“Mari secara perlahan kita rubah mainset masyarakat bahwa sungai atau “Tang Ai” bukan lagi tempat pembuangan segala macam kotoran tapi mari kita jadikan sebagai sumber penghidupan” pungkasnya.

Kegiatan “Revitalisasi Tang Ai” tersebut ditandai dengan pelepasan 15.000 bibit ikan dan peletakan batu pertama pembangunan tanggul penahan tanah oleh Walikota Sawahlunto, Ketua Persatuan Keluarga Silungkang, Ketua KAN Silungkang, Penggagas Kegiatan dan Kepala Desa Silungkang Tigo. (humas).




ARTIKEL LAIN