previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow
Slider

Setelah membekali 230 warga Kota dengan keterampilan menjahit konveksi, dan merekrut 11 orang tenaga administrasi, programer dan marketing dari Sawahlunto, kini PT. ASIACO Batam Indonesia resmi membuka cabang di Kota arang dan siap memulai kegiatan produksi dengan sistem pemberdayaan masyarakat.

Berdirinya cabang perusahaan konveksi Batam ini merupakan hasil dari upaya lobi Deri Asta Walikota Sawahlunto didukung DPRD dalam menjalin kerjasama dengan pengusaha swasta sehingga terbuka lapangan kerja yang luas bagi masyarakat.
Doni Hendra Direktur PT Asiaco, saat launching cabang perusahaannya bersama Walikota pada selasa (21/1/2020) yang berlokasi di Talawi mengatakan, hari ini pihaknya sudah melakukan pemotongan kain, dan mulai besok sudah bisa diambil oleh peserta pelatihan yang telah mahir untuk dijahit.

Sementara yang belum mahir, ia minta untuk terus berlatih, sehingga bisa menghasilkan produk konveksi yang sesuai dengan kualitas yang diinginkan perusahaan.

Pengusaha ulet kelahiran Batusangkar ini mengatakan, pihaknya terus mendukung penjahit pemula untuk bisa berproduksi dengan menyediakan bahan untuk berlatih.

Ia berharap semua warga Sawahlunto yang telah dilatih, nantinya dapat menjadi agen produksi perusahaannya, karena ia mengaku harus mengejar target produksi. Apalagi saat ini pihaknya tengah memperluas target pemasaran, sehingga membutuhkan tambahan tenaga kerja yang lebih banyak.

“Peluang pasar konveksi terbuka lebar, karena itu saya membuka kesempatan seluas-luasnya bagi Sawahlunto untuk menjadi sentra produksi. Jika masih banyak yang berminat, kami siap mendatangkan instruktur untuk membekali skill” ujar pengusaha yang bergaya low profil ini.

Doni menjelaskan, Perusahaannya akan membayar upah pekerja berdasarkan produktifitas. Untuk produksi wearpack perusahaan membayar Rp 23.000 / pcs dan jacket Rp 16.000/pcs.

“Mulai besok 22 Januari, kain sudah bisa diambil dan tanggal 22 Februari, pekerja sudah bisa menerima upahnya” ujar Doni.

Perusahaan konveksi yang didirikannya telah 10 tahun berdiri ini setiap tahunnya memproduksi lebih dari 20.000 pcs produk konveksi berupa seragam kerja. Saat ini perusahaan ini juga memperluas pasar dengan melayani permintaan konveksi berupa jaket kemeja dan lainnya.

Walikota Deri Asta menyayangkan belum semua Desa dan Lurah mendukung program produktifitas konveksi masyarakat ini. Ia berharap semua Kepala Desa dan Lurah menyambut peluang ini dengan mendukung melalui anggaran Desa dan mendorong masyarakat menjadi agen produksinya.(humas)




ARTIKEL LAIN