Yuk, Menabung Rp 1.000 Setiap Hari

“Menabung seribu rupiah saja setiap hari, masyarakat akan memiliki modal menumbuhkan koperasi dan usaha ekonomi lainnya di tengah kelompok masyarakat” ujar Ali Yusuf Wako Sawahlunto saat mensosialisasikan Gerakan Menabung di Balaikota pada rabu (5/7).

Ia mengajak masyarakat dengan seribu rupiah setiap hari dalam bentuk tabungan kelompok, yang disatukan dalam satu rekening, yang dapat diambil dalam jangka waktu tertentu, akan menjadi modal bagi kelompok untuk membentuk koperasi ataupun badan usaha.

Mengapa hanya seribu rupiah, Ali Yusuf mengatakan, dengan nilai yang kecil itu, masyarakat tidak akan merasa berat. Dengan Rp 1.000 setiap hari masyarakat memiliki potensi ekonomi dengan jumlah minimal hingga Rp8 miliar dalam satu bulan.
Ali Yusuf menganggap penting mendorong semangat dan menanamkan budaya menabung bagi masyarakat Sawahlunto karena menurutnya, gerakan ini bisa memperkuat ekonomi inidvidu, keluarga dan kelompok masyarakat.

“Targetnya, semangat menabung mulai tumbuh di setiap individu masyarakat, tidak hanya mereka yang masih duduk di bangku sekolah, namun semua lapian masyarakat,” ungkap Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf, Rabu (5/7).

Langkah awalnya, gerakan menabung seribu rupiah sehari dimulai dari kalangan aparatur sipil negara (ASN) di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dimana di Sawahlunto memiliki 26 OPD.(humas)




ARTIKEL LAIN